Danush, Bintang Baru di Jagat Bollywood

Bollywood.co.id – Bagi pecinta film-film Bollywood di Indonesia barangkali masih asing dengan nama Danush. Wajar karena aktor yang memiliki nama asli Venkatesh Prabhu Kasthuri Raja ini memang baru dua kali tampil di film Hindi. Ia justru lebih banyak main di film-film Tamil sehingga popularitasnya tentu saja tidak sebanding dengan, misalnya Shahrukh Khan.  Sejauh ini Danush baru membintangi dua judul film, Raanjhanaa (2013) dan Shamitabh (2015). Tentu untuk kategori pemain baru di jagat Bollywood, hal ini bisa dikatakan sebuah kesuksesan dalam skala kecil.

Akting anak muda kelahiran 28 Juli 1983 ini memang tidak bisa diragukan. Sebagai aktor yang telah malang melintang di dunia film, Danus bukan “anak bawang” atau anak “kemaren sore”. Apalagi Danush sebelumnya telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi  di negeri yang militernya termasuk terkuat di dunia itu. Di antara penghargaan yang ia peroleh adalah Penghargaan Film Naisonal untuk Aktor Terbaik lewat film Aadukalam (2011). Selain itu  ada pula film-filmnya yang menyita perhatian publik seperti 3, Maryan, Velaiyilla dan Pattathari. Tentu ini adalah film Tamil yang memang saat ini sudah jarang ditonton oleh masyarakat Indonesia. Jika menelisik jauh pada era 90an, film-film Tamil yang justru mendapat perhatian besar bagi penonton tanah air ketika diputar di televisi-televisi swasta nasional, khususnya TPI saat itu.

Kepiawaan Danush bukan hanya soal akting, melainkan juga bisnis dan menyanyi. Ia dikenal sebagai produser dan penyanyi. Sebagai produser dan penyanyi, prestasi Danush bukan kategori “ecek-ecek”.  Bapak dua anak ini juga pernah mendapat Penghargaan Nasional sebagai produser untuk film anak-anak bertajuk Kaaka Muttai (2015). Sedangkan lagu yang dinyanyikannya di salah satu filmya, 3 berjudul Why This Kolaveri Di telah berhasil mendapat eksposure dunia serta sempat pula menjadi lagu yang paling banyak dilihat di Youtube. Terdapat lebih dari  108.902.402 orang yang melihat video tersebut di media sosial ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa Danush bukanlah “orang sembarangan” meskipun dia memang tidak (atau belum)  punya penggemar fanatik di Indonesia selayaknya Shah Rukh Khan. (mnw/lk).

Use your ← → (arrow) keys to browse